Tips Mengatasi Stress

Belajarlah berelaksasi.
Setiap hari, ambillah break singkat. Duduk dan buat tubuh senyaman mungkin, ambil nafas dalam-dalam dan pelan, tahan, lalu keluarkan dengan sangat pelan.

Belajarlah menerima.
Relakan pergi apa-apa yang mungkin bukan menjadi milik Anda. Dijamin, stres Anda pun menurun.

Belajarlah terorganisir.
Buatlah jadwal yang realistis dari aktivitas sehari-hari, termasuk waktu untuk bekerja, tidur, bersosialisasi, dan berkreasi.

Berolahragalah.
Usahakan tubuh aktif dalam berbagai bentuk aktivitas fisik, misalnya aerobik, berjalan kaki, yoga, jogging, menari, berenang, dan sebagainya.

Jangan terburu-buru.
Sediakan waktu yang cukup untuk mengerjakan sesuatu. Cobalah tidak meletakkan pekerjaan di waktu yang sempit.

Jangan selalu berpikir tentang kompetisi.
Setiap situasi dalam hidup tidak mengharuskan Anda untuk menang atau kalah. Sesuaikan pendekatan Anda terhadap suatu aktivitas berdasarkan kebutuhannya.

Sediakan waktu tenang.
Seimbangkan waktu untuk keluarga, pekerjaan, dan untuk Anda sendiri. Menyediakan waktu untuk aktivitas yang menyenangkan, sama pentingnya dengan bekerja atau belajar.

Meditasi.
Cobalah mengonsentrasikan pikiran pada sebuah gerakan, suara, gambar, atau pikiran tertentu. Pejamkan mata dan bernafaslah dalam-dalam.

Perhatikan kebiasaan makan.
Cobalah makan menu seimbang dan jangan melewatkan waktu makan. Hindari obat-obatan, minimalkan konsumsi alkohol, dan cobalah tidak merokok.

Bicarakan stres Anda dengan teman atau anggota keluarga yang suportif.
Ini bisa menjadi obat yang baik untuk stres.

Kembangkan sikap positif.
Lihatlah dunia dari sisi yang lebih cerah. Ini akan memberikan kekuatan untuk menerima stres sebagai bagian dari hidup.

Tersenyumlah.
Anda tidak perlu membayar untuk tersenyum! Sebuah senyuman membuat relaks semua otot-otot utama di wajah. Anda merasa senang, stres pun hilang.

Minumlah susu.
Susu dapat mengurangi kadar hormon adrenalin dalam darah. Anda akan dapat merasa lebih tenang. Hindari minuman yang mengandung kafein, karena ini akan membuat saraf tubuh Anda menjadi lebih tegang. Suplemen vitamin B komplek sangat dianjurkan.