CABE JAWA (Piper retrofractum Vahl.)
CABE JAWA (Piper retrofractum Vahl.) - reynazarnazwar.blogspot.com

Tanaman CABE JAWA (Piper retrofractum Vahl.) termasuk familia Piperaceae. Tempat tumbuh tanaman merambat pada tembok, pagar, pohon lain, atau rambatan aygn dibuat khusus. Cocok ditanam di tanah yang tidak lembap dan porus (banyak mengandung pasir). Daerah ketinggian 0-600 meter di atas permukaan laut, merupakan tempat penyebarannya.
Untuk pengembangbiakannya dilakukan dengan menanam setek batang yang sudah cukup tua atau lewat biji.

Nama lain : lada panjang atau cabai panjang (Sumatera); cabe jamu, cabean, cabe areuy, cabe sula (Jawa); cabi jamo, cabi onggu, dan cabi solah (Madura)
Tanaman ini mengandung : zat pedas piperine, palmitic acids, tetrahydropiperic acids, 1-undecylenyl-3, 4-methylenedioxy benzene, piperidine, minyak atsiri, n-isobutil-decatrans-2-trans-4-dienamide, dan sesamin.

Kegunaan CABE JAWA (Piper retrofractum Vahl.):
Obat kuat atau membersihkan rahim sehabis melahirkan: Siapkan 3 g cabe jawa kering. Tumbuk hingga halus. Seduh dengan air panas dan dinginkan. Diminum 1 x sehari.

Obat batuk, pencernaan terganggu, bronkhitis, ayan, demam sehabis melahirkan, serta menguatkan paru-paru, lambung, dan jantung: Keringkan 6 buah cabe jawa yang masih mentah. Tumbuk halus. Tambahkan sedikit air dan diminum dengan dicampur madu.

Liver yang menderita urus-urus: Rimpang lempuyang ditumbuk dan diperas airnya. Ramuan ini akan lebih berkhasiat bila dicampur dengan maksimal 3 buah cabe jawa.

Sakit gigi: Buah yang dikeringkan dan dijadikan bubuk dapat disumbatkan ke gigi yang berlubang atau sakit.

Khasiat lain, dapat untuk mengobati: sakit ulu hati, muntah, diare, disentri, hidung berlendir, sakit kepala: Buah cabe jawa yang dikeringkan dan dijadikan bubuk, bila dicampur dengan air matang dan diminum.

ADVERTISEMENT

«

»

Dalimartha, Setiawan. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Ungaran : Trubus Agriwidya, 1999. Muhlisah, Fauziah. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : Penebar Swadaya, 1999. Tampubolon, Oswald T. Tumbuhan Obat. Jakarta : Penerbit Bhratara, 1995. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : PT. Intisari Mediatama, 1999.
Categories: Tanaman Obat
63 queries in 0.361 seconds.