DADAP AYAM (Erythrina orientalis)
DADAP AYAM (Erythrina orientalis) - flickr.com

Tanaman DADAP AYAM (Erythrina orientalis) termasuk familia Leguminosae. Tumbuh pada ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut, banyak tumbuh di tempat terbuka yang tanahnya berpasir agak lembap, juga pada kelokan-kelokan sungai.
Untuk pengembangbiakannya dengan jalan menyetek maupun menyebarkan bijinya. Pertumbuhannya sangat cepat.

Nama lain : dadap laut (Jawa), blendung (Sunda), theuktheuk (Madura), dalungdung (Bali)
Tanaman ini mengandung : alkaloid beracun a.l.: hypaforin, erysidin, erysovin, erysomin, erthrin yang bersifat mendepresi susunan saraf pusat. Juga terdapat saponin dan glukosida sianida (masing-masing batang dan daunnya)

Kegunaan DADAP AYAM (Erythrina orientalis):
Obat : -demam, – asma, – diare (mencret), disentri, -air kencing yang mengandung darah: Kulit batang dan daunnya direbus selama lebih kurang 1/4 jam, airnya dapat diminum.

Obat : – penyakit kulit, – anak yang sukar tidur: Daunnya ditumbuk dengan ditambahkan sedikit air, dapat dipergunakan sebagai obat kompres.

Luka digigit ular: Bijinya digiling halus, dapat dipergunakan sebagai obat kompres, dengan jalan menempelkannya pada lika.

Sakit gigi: Batangnya ditumbuk kemudian dimasukkan pada gigi yang berlubang, dapat menghilangkan rasa sakit.

ADVERTISEMENT

«

»

Dalimartha, Setiawan. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Ungaran : Trubus Agriwidya, 1999. Muhlisah, Fauziah. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : Penebar Swadaya, 1999. Tampubolon, Oswald T. Tumbuhan Obat. Jakarta : Penerbit Bhratara, 1995. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : PT. Intisari Mediatama, 1999.
Categories: Tanaman Obat
76 queries in 1.144 seconds.