Jahe (Zingiber officinale Rosc.)
Jahe (Zingiber officinale Rosc.) - bundakonicare.com

Tanaman Jahe (Zingiber officinale Rosc.) termasuk familia Zingiberaceae. Dapat tumbuh di daerah tropis.
Tanaman ini mengandung : minyak atsiri.

Kegunaan Jahe (Zingiber officinale Rosc.):
Masuk angin: Seibujari jahe dicuci, dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air dan beri sedikit gula aren. Dididihkan sekitar 1/4 jam lalu saring. Minum hangat-hangat.

Batuk: Seibujari jahe dicuci, dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum air rebusan tersebut sekaligus.

Sakit kepala/migrain: Seibujari jahe dicuci, dibakar, dan dimemarkan. Seduh dengan segelas air dan beri sedikit gula aren. Minum airnya sekaligus.

Rematik, nyeri pinggang, nyeri punggung: Tumbuk rimpang jahe yang sudah dicuci, lalu beri sedikit eau de cologne. Gosokkan ke bagian yang sakit.

Mengeluarkan gas dari perut: Seibujari rimpang jahe dicuci dan diiris-iris, lalu direbus dengan segelas air. Tunggu sampai agak dingin. Minum air rebusan tsb. sekaligus.

Mabuk perjalanan: Seibujari rimpang jahe dicuci dan diiris-iris, lalu direbus dengan segelas air. Tunggu sampai agak dingin. Minum air rebusan tersebut sekaligus.

Mual: Cuci dan memarkan seibujari jahe, seduh dengan segelas air. Beri sedikit asam jawa dan gula batu. Aduk, saring, lalu minum sekaligus.

Eksem: Seibujari rimpang jahe diparut, lalu diperas. Parut juga sebuah lobak. Campurkan parutan lobak dengan air perasan jahe dan tambahkan sedikit air hangat. Tempelkan pada bagian yang terkena eksem.

Panu: Tumbuk 2 ruas jahe dan segenggam daun turi yang sudah dicuci bersih. Balurkan ramuan tsb. pada kulit yang berpanu.

Terkilir: 2 ruas jahe diparut lalu tambahkan sedikit garam. Balurkan ramuan ini pada anggota tubuh yang terkilir. Lakukan 2x sehari.

Vitiligo (bercak putih karena kehilangan pigmen): 30 g jahe dibersihkan lalu dibuat jus. Bubuhkan jus tsb. pada kulit yang menderita vitiligo.

Borok: Seibujari rimpang jahe dicuci lalu diparut. Gunakan parutan itu untuk mengompres luka.

Digigit ular: Lumatkan seibujari rimpang jahe yang sudah dicuci. Beri sedikit garam. Tempelkan pada luka bekas gigitan ular dan segera bawa ke dokter.

Gatal karena gigitan serangga: Lumatkan jahe yang sudah dicuci. Gosokkan pada bagian yang gatal.

Cacing gelang: 60 g jahe segar dicuci lalu dilumatkan dan diberi segelas air. Saring, beri 1 sendok makan madu. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.

ADVERTISEMENT

«

»

Dalimartha, Setiawan. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Ungaran : Trubus Agriwidya, 1999. Muhlisah, Fauziah. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : Penebar Swadaya, 1999. Tampubolon, Oswald T. Tumbuhan Obat. Jakarta : Penerbit Bhratara, 1995. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : PT. Intisari Mediatama, 1999.
Categories: Tanaman Obat
58 queries in 0.133 seconds.