KAMBOJA (Plumeria acuminata)
KAMBOJA (Plumeria acuminata) - plantoftheweek.org

Tanaman KAMBOJA (Plumeria acuminata) termasuk familia Apocynaceae. Tumbuhan ini banyak tumbuh di pekuburan, juga ada yang sengaja di tanam di halaman rumah. Pada umumnya tumbuhan ini hidup subur di dataran rendah sampai ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Untuk pengembangbiakannya dengan jalan menyetek batangnya.
Nama lain : samboja, semboja, kamboja (Jawa), kamoja, samoja (Sunda).

Tanaman ini mengandung : fuvoplumierin, yang memperlihatkan daya mencegah pertumbuhan bateri. Di samping itu juga mengandung minyak menguap antara lain: geraniol, farnesol, sitronellol, fenetilalkohol dan linallol. Juga terdapat saponin, zat pahit dan damar.

Kegunaan KAMBOJA (Plumeria acuminata):
Patek (frambosia); belak (pecah-pecah pada telapak kaki: Kulit kayu ditumbuk dan air perasannya dapat dipakai sebagai obat luar.

Merendam kaki yang bengkak: Kulit kayu direbus lebih kurang selama setengah jam, setelah dingin airnya dapat dipergunakan untuk merendam.

Mempercepat pecahnya bisul: Daunnya dipanggang di atas api, lalu diolesi dengan sedikit minyak kelapa kemudian ditaruh di atas bisul. Getah kamboja yang dioleskan pada bisul, juga dapat mempercepat pecahnya bisul.

ADVERTISEMENT

«

»

Dalimartha, Setiawan. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Ungaran : Trubus Agriwidya, 1999. Muhlisah, Fauziah. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : Penebar Swadaya, 1999. Tampubolon, Oswald T. Tumbuhan Obat. Jakarta : Penerbit Bhratara, 1995. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : PT. Intisari Mediatama, 1999.
Categories: Tanaman Obat
61 queries in 0.128 seconds.