KEJI BELING (Hemigraphis colorata)
KEJI BELING (Hemigraphis colorata) - obatsakit2011.blogspot.com

Tanaman KEJI BELING (Hemigraphis colorata) termasuk familia Acanthaceae. Tempat tumbuh keji beling di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, di hutan-hutan atau banyak juga yang sengaja ditanam orang sebagai tanaman hias.Tumbuhan ini juga tumbuh liar di ladang-ladang, semak-semak atau di tempat terbuka lainnya.

Untuk pengembangbiakannya : Meskipun berbunga sepanjang tahun, tumbuhan keji beling ini jarang menghasilkan buah. Itulah sebabnya pada umumnya tumbuhan ini dikembangkan dengan cara setek batang.
Nama lain : Keci beling, sambang geteh (Jawa), remek daging, reundeu beureum (Sunda), lire (Ternate)

Tanaman ini mengandung : banyak mineral seperti kalium sedikit natrium, kalsium dan unsur lainnya. Disamping itu juga terdapat asam silikat, tannin dan glikosida.

Kegunaan KEJI BELING (Hemigraphis colorata):
Obat disentri, diare (mencret): Seluruh bagian dari tanaman ini direbus selama lebih kurang setengah (1/2) jam, kemudian airnya diminum.

Obat batu ginjal: Daunnya direbus selama lebih kurang seperempat (1/4) jam, kemudian airnya diminum.

Obat penyakit kulit: Daunnya juga dapat dipergunakan untuk mandi.

ADVERTISEMENT

«

»

Dalimartha, Setiawan. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Ungaran : Trubus Agriwidya, 1999. Muhlisah, Fauziah. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : Penebar Swadaya, 1999. Tampubolon, Oswald T. Tumbuhan Obat. Jakarta : Penerbit Bhratara, 1995. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : PT. Intisari Mediatama, 1999.
Categories: Tanaman Obat
64 queries in 0.768 seconds.